PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN “MEKAR SETIA BUDI” DI DESA PENANGKAN KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG


Sungkowo Edy Mulyono, - PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN “MEKAR SETIA BUDI” DI DESA PENANGKAN KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment.

[thumbnail of 13. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain “Mekar Setia Budi“ Di Desa Penangkan Kecamatan Wonotunggal Ka - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD KB Mekar Setia Budi dan faktor-faktor yang terkait dengan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD KB Mekar Setia Budi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu Ketua Penyelenggaraan, Kepala Sekolah, 3 orang guru dan 2 orangtua siswa, sementara informan yaitu 1 orang tokoh masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk partisipasi yang diberikan oleh masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD KB Mekar Setia Budi meliputi partisipasi tenaga dan pikiran, partisipasi uang, partisipasi harta benda. Faktor-faktor yang terkait dengan partisipasi masyarakat yaitu faktor internal meliputi pengetahuan, pekerjaan, usia, kebutuhan dan faktor eksternal meliputi pengalaman organisasi, manfaat program dan keluarga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Community Participation; Early Childhood Education.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:01
Last Modified: 26 Jan 2023 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55692

Actions (login required)

View Item View Item