Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Permainan Snake And Ladder Pada Siswa Kelas IVA Di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang


Septina Kusumawati , 1402407147 (2011) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Permainan Snake And Ladder Pada Siswa Kelas IVA Di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Permainan Snake And Ladder Pada Siswa Kelas IVA Di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Permainan Snake And Ladder Pada Siswa Kelas IVA Di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

KTSP menghendaki pembelajaran IPA adalah salah satu mata pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kopentensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan dari hasil observasi awal pada SDN tawang Mas 01 terlihat bahwa pembelajaran belum optimal, karena dalam mengajar guru belum memanfaatkan ruang kelas, guru belum menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, guru belum menggunakan media dalam mengajar yang membuat siswa tidak aktif dan minat belajar siswa belum optimal, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti penerapkan peningkatan hasil pembelajaran IPA melalui permainan Snake And Ladder.Penelitian tindakan kelas ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran secara umum, secara khusus penelitian tindakan kelas ini bertujuan antara lain sebagai berikut: mengetahui aktivitas siswa, mengetahui kemampuan guru dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui permainan Snake And Ladder. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi, setting tempat dan waktu, yaitu di SDN Tawang Mas 01 dengan subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IVA yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan, sekaligus sebagai data primer. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari temuan dan catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I yang terdiri dari pertemuan I dan pertemuan II, dan tahap siklus II yang terdiri dari pertemuan I dan pertemuan II. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa tes tertulis melalui alat pengumpulan data berupa materi soal tes. Selanjutnya untuk menjaga validitas hasil penelitian maka data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode pengumpulan dan pengolahan data dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil antara siklus I dan siklus II dan temuan selama pelaksanaan penelitian yang selanjutnya dibahas bersama dengan teman sejawat yang bertindak sebagai observer sekaligus kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan pada siklus I memperoleh skor rata-rata 13.5 dengan prosentase 33.75% dengan kategori cukup dan naik pada siklus II perolehan skor rata-rata siswa yaitu 33.5dengan prosentase 83.75% atau dalam kategori baik sekali. Selain dilihat dari aktivitas siswa, hasil penelitian juga dilihat dari kemampuan guru pada saat mengajar. Dari hasil pengamatan pada siklus I kemampuan guru dalam pembelajaran memperoleh kategori baik dengan rata-rata skor 25 dengan prosentase 62.5% dan mengalami kenaikan pada siklus II kemampuan guru dalam pembelajaran memperoleh kategori baik sekali karena rata-rata skor yang diperoleh yaitu 36 dengan prosentase 90%. Penelitian pembelajaran IPA melalui permainan Snake And Ladder dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai analisis data diketahui nilai rata-rata ulangan terjadi peningkatan pada siklus I: 69.02 dengan prosentase 75.60% menjadi 78.04 dengan prosentase 87.80% pada siklus II. Hasil analisis pelaksanaan penelitian tindakan kelas tersebut terbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA melalui permainan Snake And Ladder pada siswa kelas IVA di SDN Tawang Mas 01, bahwa secara teoritis dan secara empiris penelitian yang dilaksanakan dapat dipertanggung jawabkan karena pelaksanaan penelitian telah berdasar pada kajian teori maupun metodologi penelitian dan hasilnya adalah penelitian telah mampu meningkatkan hasil pembelajaran IPA melalui permainan Snake And Ladder pada siswa kelas IVA di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pembelajaran IPA, Permainan Snake And Ladder
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:12
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item