PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN, MINDSET WIRAUSAHA, DAN ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN KNALPOT PURBALINGGA (STUDI KASUS SENTRA PENGRAJIN KNALPOT PURBALINGGA)


Rofik Awaludin, 7101418197 (2022) PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN, MINDSET WIRAUSAHA, DAN ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN KNALPOT PURBALINGGA (STUDI KASUS SENTRA PENGRAJIN KNALPOT PURBALINGGA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418197 - Rofik Awaludin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan salah satu hal yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan usaha. Pencapaian kinerja pemasaran dapat menggambarkan pertumbuhan penjualan. Dengan adanya pertumbuhan penjualan yang baik, maka produk dapat menguasai pasar dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana literasi kewirausahaan, mindset wirausaha, serta orientasi wirausaha dapat berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada usaha knalpot di Kabupaten Purbalingga. Maka dari itu, secara teoritis penelitian ini menguji teori strategic entrepreneurship dari Peter Draker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif kausalitas. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Sampel terdiri dari usaha knalpot mikro kecil menengah yang ada di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling. Dari 155 populasi pengrajin knalpot di Kabupaten Purbalingga dihasilkan 61 sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama – sama literasi kewirausahaan, mindset wirausaha, dan orientasi wirausaha dapat mempengaruhi kinerja pemasaran signifikan. Literasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi wirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan mindset wirausaha tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan pengrajin knalpot di Kabupaten Purbalingga dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai kewirausahaan sebelum menjalankan usaha serta meningkatkan inovasi dalam menjalankan usaha guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kinerja pemasaran produk knalpot stabil. Kelemahan dalam penelitian ini yang dapat digunakan pada penelitian selanjutnya yaitu mengkaji ulang bagaimana pengaruh mindset wirausaha terhadap kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemasaran, Literasi Kewirausahaan, Mindset Wirausaha, Orientasi Wirausaha, Usaha Knalpot.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:53
Last Modified: 26 Jan 2023 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55689

Actions (login required)

View Item View Item