PENGARUH PERENCANAAN KARIER, PERSEPSI TENTANG PPG, DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Cantika Novita Arifin, 7101418196 (2022) PENGARUH PERENCANAAN KARIER, PERSEPSI TENTANG PPG, DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418196 - CANTIKA NOVITA ARIFIN vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program pendidikan lanjut yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas calon guru menjadi tenaga professional. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi dengan jurusan pendidikan terbaik di Indonesia, salah satunya yaitu jurusan pendidikan ekonomi. Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner awal menunjukkan bahwa minat mahasiswa untuk mengikuti PPG masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perencanaan karier, persepsi tentang PPG dan kondisi ekonomi orang tua terhadap minat mengikuti PPG pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitan ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 350 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Area Proportional Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 187 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir, persepsi tentang PPG dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru sebesar 77,20%. Perencanaan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG sebesar 10,43%. Persepsi tentang PPG berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG sebesar 6,40%. Dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan sebesar 18,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah baik secara parsial dan simultan perencanaan karir, persepsi tentang PPG, dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG. Dengan demikian maka semakin baik perencanaan karir, persepsi tentang PPG, dan kondisi ekonomi orang tua maka minat mahasiswa untuk mengikuti PPG juga semakin meningkat. Saran bagi penelitian ini yaitu bagi mahasiswa agar lebih aktif bertanya dan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai dunia kerja supaya dapat mempersiapkan karir nya dan bagi perguruan tinggi untuk dapat lebih meningkatkan sosialisasi dan seminar mengenai PPG.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Mengikuti PPG, Perencanaan Karir, Persepsi Tentang PPG, Kondisi Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:50
Last Modified: 26 Jan 2023 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55688

Actions (login required)

View Item View Item