PERAN KONTROL DIRI DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG


Nurul Aisah Lancar Sari, 7101418194 (2022) PERAN KONTROL DIRI DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418194 - Nurul Aisah Lancar Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelian impulsif merupakan suatu tindakan pembelian yang dilakukan secara spontan, tanpa adanya perencanaan atau pertimbangan-pertimbangan dengan perasaan senang yang dapat menimbulkan dampak negatif. Pembelian impulsif diantaranya dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial dan konformitas. Dari segi penggunaan media sosial terdapat pengaruh kelompok lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan konformitas terhadap pembelian impulsif dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi di SMA Negeri Se-Kabupaten Rembang. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi pembelian impulsif antara lain penggunaan media sosial, konformitas, dan kontrol diri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Rembang sebanyak 3048 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel probability sampling dengan teknik proportional random sampling sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis PLS. Hasil analisis deskriptif, kategori variabel pembelian impulsif dan konformitas adalah cukup, sedangkan kategori variabel penggunaan media sosial dan kontrol diri tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Kontrol diri tidak mampu memperlemah pengaruh penggunaan media sosial terhadap pembelian impulsif. Kontrol diri tidak mampu memperlemah pengaruh konformitas terhadap pembelian impulsif. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa penggunaan media sosial dan konformitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap pembelian impulsif serta kontrol diri tidak mampu memperlemah hubungan antara penggunaan media sosial dan konformitas terhadap pembelian impulsif. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi siswa dapat menggunakan media sosial secara bijak untuk mencegah terjadinya pembelian impulsif, memilih lingkungan pertemanan yang positif, dan siswa harus mampu memiliki pemikiran yang rasional dalam hal keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Kontrol Diri, Penggunaan Media Sosial, Konformitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:44
Last Modified: 26 Jan 2023 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55684

Actions (login required)

View Item View Item