DETERMINAN PENANAMAN MODAL SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA


Mega Ratnawati, 7111415070 (2022) DETERMINAN PENANAMAN MODAL SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111415070 - Mega Ratnawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mempunyai kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Luas wilayah, potensi alam dan jumlah penduduk yang banyak menjadi salah satu keunggulan namun masih belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal karena keterbatasan modal. Maka perlunya mendorong investasi ke sektor sekunder untuk meningkatkan kualitas produksi dalam negeri dan ketergantungan impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PDB sektor industri, keterbukaan ekonomi, kurs, tenaga kerja sektor industri, dan kebijakan tax holiday terhadap penanaman modal pada sektor industri di Indonesia selama tahun 1984-2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh melalui metode pengumpulan data studi pustaka dari instansi terkait seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal, World Bank, dan Badan Pusat Statistik. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data time series (1984-2020) dan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan eviews. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa PDB, tenaga kerja, dan kebijakan tax holiday berpengaruh positif terhadap penanaman modal sektor industri. Kurs berpengaruh negatif terhadap penanaman modal sektor industri. Sedangkan keterbukaan ekonomi tidak berpengaruh terhadap penanaman modal sektor industri. Untuk meningkatkan penanaman modal sektor industri di Indonesia perlu meningkatkan produktivitas sektor industri, pemberian kelonggaran dalam perizinan ekspor-impor barang, dan memperluas cakupan penerima fasilitas kebijakan tax holiday. Mengembangkan pendidikan vokasi bidang industri untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Dan kebijakan otoritas moneter dalam menjaga kurs pada tingkat yang tepat. Agar meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menarik investor untuk menanamkan modal pada sektor industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal Sektor Industri, PDB Sektor Industri, Keterbukaan Ekonomi, Kurs, Tenaga Kerja Sektor Industri, dan Kebijakan Tax Holiday
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:45
Last Modified: 26 Jan 2023 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55683

Actions (login required)

View Item View Item