PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020)


Tri Murni Mayasari, 7101418185 (2022) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418185 - Tri Murni Mayasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan harus mampu bertahan dalam persaingan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Salah satu tujuan utamanya adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan mengambarkan seberapa baik perusahaan mengelola kekayaanya sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi para pemegang saham dan para pemangku kepentingan (stakeholder). Banyak indikator untuk mengukur nilai perusahaan dan tujuan pada penelitian ini adalah menguji pengaruh Struktur Modal dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dan diperoleh 108 sampel perusahaan property dan real estate pada tahun 2018-2020 secara tidak berturut-turut. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018- 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Struktur Modal dan Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Intellectual Capital tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sementara Struktur Modal berpengaruh positif terhadap Profitabilitas, sedangkan Intellectual Capital berpengaruh negatif terhadap Profitabilitas. Serta Profitabilitas mampu memediasi pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Intellectual Capital tidak mampu memediasi pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika struktur modal, profitabilitas meningkat, maka nilai perusahaan meningkat dan ketika struktur modal meningkat, maka profitabilitas akan meningkat. Sehingga saran yang diajukan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah bagi manajemen perusahaan diharapkan dapat mengelola struktur modal dengan baik serta diikuti dengan kinerja perusahaan yang baik, maka akan menghasilkan profitabilitas yang tinggi dan berdampak pada meningkatnya nilai perusahaan. Sedangkan bagi calon investor untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan tidak hanya melihat dari faktor profitabilitas saja, melainkan juga memperhatikan faktor pengunaan struktur modal, karena hal ini dapat menjadi penyebab prospek pertumbuhan perusahaan dimasa mendatang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Intellectual Capital, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:28
Last Modified: 26 Jan 2023 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55678

Actions (login required)

View Item View Item