RETORIKA IKLAN ADVERTORIAL PRODUK KECANTIKAN PADA SITUS VOGUE PARIS


Ananda Gisela Febrina br Sinurat, 2311416034 (2022) RETORIKA IKLAN ADVERTORIAL PRODUK KECANTIKAN PADA SITUS VOGUE PARIS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311416034 - gisela febrina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang menggunakan bahasa atau gambar untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Bahasa yang dimuat dalam iklan diharuskan memiliki daya persuasi untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik dan membeli produk yang diiklankan. Jenis iklan yang sangat populer di berbagai situs internet adalah iklan advertorial. Ciri utama iklan ini yaitu sebuah berita yang mengandung nilai-nilai iklan. Oleh karena itu, bahasa iklan advertorial dibuat dengan menggunakan prinsip dan unsur retorika yang bersifat persuasi sehingga dapat mempermudah proses promosi sebuah produk. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan prinsip dan unsur retorika yang muncul dalam iklan advertorial produk kecantikan situs Vogue. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori prinsip retorika yang dikemukakan oleh Lita Lundquist dan unsur retorika yang dikemukakan oleh Fromilhague. Prinsip retorika yang dikemukakan oleh Lita Lundquist mengatur 5 prinsip dasar, yaitu: l’Invention, la disposition, l’élocution, la mémoire, l’action. Selanjutnya, unsur retorika meliputi: les figures de diction (bentuk kata), les figures de construction (bentuk kontruksi), majas dan perbandingan, dan les figures de pensée (bentuk pikiran). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data tertulis yaitu tiga artikel produk kencantikan yang dimuat dalam situs vogue periode Juni – Desember 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan mengunduh artikel dan teknik baca simak catat, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pemaparan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Kelima prinsip retorika yang dikemukakan oleh Lundquist ditemukan dalam iklan produk kecantikan situs Vogue, namun yang paling dominan adalah prinsip l’invention. Dari 21 data yang diteliti, terdapat 7 produk yang memakai prinsip ini. Hal itu menunjukkan bahwa mencantumkan pernyataan pendukung seperti kutipan-kutipan, saksi-saksi dari orang-orang terkenal dalam mempromosikan sebuah produk merupakan cara yang efektif untuk menarik pembaca; 2) penggunaan unsur-unsur retorika dalam iklan advertorial produk kecantikan ini sangat beragam, meliputi penggunaan (a) bentuk kata (les figures de diction) yang ditemukan yaitu l’assonance, (b) bentuk konstruksi (les figures de construction) yaitu l’anaphore, l’antithèse, la gradation, dan l’anticlimax (c) majas dan perbandingan, yaitu la comparaison, la métaphore, dan la synecdoque, dan (d) bentuk pikiran (les figures de pensée) yaitu l’ironie, l’interrogation rhétorique, l’hyperbole, dan la personification

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: retorika, unsur retorika, prinsip retorika, iklan advertorial, iklan produk kecantikan.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:19
Last Modified: 26 Jan 2023 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55674

Actions (login required)

View Item View Item