TAHAPAN KEDUKAAN TOKOH MARK SETELAH KEHILANGAN ANAK DALAM ROMAN PARCE QUE JE T’AIME KARYA GUILLAUME MUSSO : KAJIAN THE FIVE STAGES OF GRIEF OLEH ELISABETH KÜBLER-ROSS.


Winantu Wahyu Wardhani, 2311416031 (2021) TAHAPAN KEDUKAAN TOKOH MARK SETELAH KEHILANGAN ANAK DALAM ROMAN PARCE QUE JE T’AIME KARYA GUILLAUME MUSSO : KAJIAN THE FIVE STAGES OF GRIEF OLEH ELISABETH KÜBLER-ROSS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311416031 - Winantu Wahyu Wardhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Parce que je t’aime merupakan roman yang ditulis oleh Guillaume Musso dan diterbitkan pada tanggal 13 mei 2007 oleh XO Éditions. Novel ini menceritakan tentang seorang anak berusia 5 tahun bernama Layla yang menghilang di sebuah pusat perbelanjaan. pada saat itu, dia berada di bawah pengawasan pengasuhnya. Tokoh Mark merasa sangat tertekan atas kehilangan putrinya dan ditambah dengan statusnya sebagai seorang ayah. Setelah tiga tahun penelitian, tidak ada hasil yang diperoleh. Tokoh Mark memutuskan menjadi gelandangan untuk mencari putrinya. Pertemuannya dengan Nicole setelah dua tahun membawa tokoh Mark ke Connor untuk penyembuhan kesedihannya. Terapi hipnosis dipilih sebagai cara untuk menyembuhkan tokoh Mark dari kesedihannya dan memungkinkan dia untuk menerima bahwa Layla telah meninggal. Dalam menganalisis roman Parce que je t’aime, penulis menggunakan kajian teori Lima Tahapan Kedukaan atau The Five Stages Of Grief Elisabeth Kübler-Ross. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan – tahapan kedukaan yaitu Tahapan Penyangkalan dan Pengasingan Diri, kemudian Tahapan Marah , Tahapan Penawaran , Tahapan Depresi, dan yang terakhir Tahapan Penerimaan pada tokoh Mark serta keberhasilan tokoh Mark keluar dari setiap tahapan kedukaan tersebut. Sumber data penelitian ini adalah roman Parce que je t’aime karya Guillaume Musso. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta – fakta berada pada roman yang kemudian dianalisis kebenarannya. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis isi laten dan komunikasi. Simpulan yang didapatkan dari hasil analisis penelitian ini adalah tokoh Mark mengalami lima tahapan kedukaan atau The Five Stages Of Grief Elisabeth Kübler-Ross yaitu tahapan penyangkalan dan pengasingan diri, tahapan marah, tahapan penawaran, tahapan depresi dan yang terakhit tahapan penerimaan. Kemudian tokoh Mark berhasil keluar dari lima tahapan kedukaan tersebut setelah harapan dari setiap tahapan terpenuhi melalui media komunikasi terapi hipnosis. Unsur – unsur yang terdapat di dalam terapi hipnosis yang membuat tokoh Mark berhasil keluar dari setiap tahapan kedukaan. Setelah berakhirnya tahapan kedukaan depresi tokoh Mark memulai kehidupan pernikahannya dengan tokoh Nicole serta mulai kembali karirnya menjadi psikolog jalanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedukaan, terapi hipnosis, penyembuhan
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:13
Last Modified: 26 Jan 2023 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55672

Actions (login required)

View Item View Item