KETERLIBATAN ORANG TUA SAAT BELAJAR DARI RUMAH ( BDR) TERHADAP DUKUNGAN KEMANDIRIAN ANAK TK DI KELURAHAN DURI KOSAMBI DI LIHAT DARI PERSPEKTIF AYAH DAN IBU


Alfatkhan Dika Kusuma Putri, 1601417036 (2021) KETERLIBATAN ORANG TUA SAAT BELAJAR DARI RUMAH ( BDR) TERHADAP DUKUNGAN KEMANDIRIAN ANAK TK DI KELURAHAN DURI KOSAMBI DI LIHAT DARI PERSPEKTIF AYAH DAN IBU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 16014147036 - Alfatkhan Dika Kusuma Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua yaitu, ayah dan ibu dalam mendukung kemandirian anak, selama belajar dari rumah ( BDR) di Kelurahan Duri Kosambi. Dalam penelitian ini menggunakan metode campuran sequential explanatory dengan jenis penelitian survey, subjek dalam penelitian ini adalah ayah dan ibu yang mempunyai anak yang menjalani belajar dari rumah ( BDR) di Kelurahan Duri Kosambi. Teknik pengambilan sampel mengggunakan nonprobility sampling, dan mendapatkan sampel ayah sebanyak 35 orang dan ibu sebanyak 50 orang pada satu Kelurahan di Kelurahan Duri Kosambi Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Kuisioner/ angket, wawancara, dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk data kualitatif dianalisis menggunakan model miles and hubermans. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh keterlibatan ayah dan ibu dalam medukung kemandirian anak selama BDR di Kelurahan Duri Kosambi termasuk dalam kategori sedang, hasil keterlibatan ayah 62,9% dengan skor ratarata 2,81 dan hasil keterlibatan ibu 62,7% dengan skor rata –rata 3,00. Pada dasarnya ayah dan ibu masuk pada kategori sedang namun hasil keterlibatan ibu memiliki nilai skor rata – rata yang lebih tinggi dari ayah. Untuk hasil kemandirian anak menurut ayah adalah 62,9 % dengan skor rata – rata 3,06 dan ibu adalah 74,5% dengan skor rata – rata 3,15, untuk keduanya termasuk dalan kategori sedang. Menurut hasil hipotesis Dan untuk hasil pengaruh keterlibatan ayah dalam mendukung kemandirian anak sebesar 10,2 % artinya pengaruhnya rendah atau lemah, kemudian nilai p 0,062 artinya nilai p < 0,1 artinya ada pengaruh keterlibatan ayah dalam mendukung kemandirian anak. Untuk hasil hipotesis ibu hasil pengaruh keterlibatan ibu dalam mendukung kemandirian anak sebesar 6% artinya pengaruhnya rendah atau lemah, kemudian nilai p 0, 086 artinya kurang dari 0,1 artinya ada pengaruh keterlibatan ibu dalam mendukung kemandirian anak. Serta hasil kesepakatan ayah dan ibu sebesar 0,797. Hasil kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh dari keterlibatan ayah dan ibu meskipun tergolong lemah, serta menurut analisis deskriptif nilai rata – rata ibu lebih tinggi dari ayah namun keduanya masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan, orang tua, kemandirian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:44
Last Modified: 26 Jan 2023 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55669

Actions (login required)

View Item View Item