HUBUNGAN ANTARA PROFESI ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV SDN GUGUS NUSA INDAH KECAMATAN MRANGGEN


Naily Fauzia Rahma, 1401417431 (2021) HUBUNGAN ANTARA PROFESI ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV SDN GUGUS NUSA INDAH KECAMATAN MRANGGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417431- Naily Fauzia Rahma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Profesi orangtua dan minat belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara profesi orangtua terhadap minat belajar terhadap hasil belajar PPKn Pada Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen. (2) Menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar PPKn Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen. (3) Menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara profesi orangtua terhadap minat belajar dengan hasil belajar PPKn Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen dengan jumlah siswa 118. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Propbability Sampling dengan teknik sampling kuota sebanyak 84,8% dari populasi siswa, yaitu 100 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, serta hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, uji normalitas,uji lineritas, korelasi produc moment,dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara profesi orangtua dengan hasil belajar PPKn sebesar 0,131 (2) terdapat hubungan antara minat belajar dan hasil belajar PPKn sebesar 0,182. (3) terdapat hubungan antara profesi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar PPKn sebesar 0,184. Jadi profesi orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar PPKn yaitu 1,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. kesimpulan peneliti ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan tidak signifikan pada profesi orangtua dan minat belajar dengan hasil belajar PPKn siswa Kelas IV SD N Gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profesi Orangtua, Minat Belajar, Hasil Belajar PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:35
Last Modified: 26 Jan 2023 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55666

Actions (login required)

View Item View Item