PERUBAHAN KEJIWAAN TOKOH UTAMA DALAM ROMAN CHANSON DOUCE KARYA LEILA SLIMANI BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI PSIKOLOGI EKSISTENSIAL ROLLO MAY


Yusril Ihza Mahendra, 2311416009 (2022) PERUBAHAN KEJIWAAN TOKOH UTAMA DALAM ROMAN CHANSON DOUCE KARYA LEILA SLIMANI BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI PSIKOLOGI EKSISTENSIAL ROLLO MAY. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311416009 - Yusril Ihza Mahendra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy

Abstract

Roman Chanson Douce merupakan karya sastra yang menceritakan tentang pasangan suami istri yang tidak bisa mengurus anak karena suatu pekerjaan sehingga dia menyewa pengasuh yang bernama Louise. Pada awal cerita Louise digambarkan mempunyai hati yang baik hati. Namun, seiring berjalannya waktu Louise mulai menunjukkan tingkah laku yang aneh. Pada akhir cerita Louise secara misterius membunuh anak majikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor dan akibat dari perubahan kejiwaan tokoh utama dengan menggunakan pendekatan psikologi berdasarkan teori psikologi eksistensial Rollo May. Objek material yang digunakan dalam penelitian ini adalah roman Chanson Douce karya Leila Slimani. Objek formal dalam peneltian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan perubahan kejiwaan dan dampak dari perubahan kejiwaan tokoh utama. Kemudian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi eksistensial Rollo May dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi laten dan teknik analisis isi komunikasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan perubahan kejiwaan tokoh utama adalah tokoh utama mengalami traumatic yang menyebabkan kecemasan. Serta dampak yang disebabkan perubahan kejiwaan tokoh utama diantaranya adalah perubahan sifat yang signifikan dan tokoh utama melakukan tindakan yang tidak wajar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kejiwaan seseorang dapat berubah karena faktor pengalaman hidup, serta dari perubahan kejiwaan tersebut mempengaruhi kedalam dampak, baik itu dampak secara mental maupun dampak pada tindakan fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chanson Douce, Eksistensial, Kejiwaan, Psikologi
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:34
Last Modified: 26 Jan 2023 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55665

Actions (login required)

View Item View Item