PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI MELALUI LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KANTOR KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


DIMA SILVERA FEJINIA, 7101418334 (2022) PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI MELALUI LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KANTOR KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418334 - Dima Silvera Fejinia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja merupakan perasaan senang maupun tidak senang seorang pegawai dalam memandang pekerjaan yang dimiliki. Berdasarkan fenomena gap yang terjadi pada kantor Kecamatan Ngaliyan mendapati hasil bahwa kepuasan kerja pegawai masih banyak yang belum puas terkait pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja pegawai dengan menggunakan motivasi kerja, komunikasi interpersonal, dan kompensasi melalui lingkungan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan di kantor Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang berjumlah 116 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian ini telah memenuhi validitas dan reliabilitas sehingga model dinyatakan layak. Hasil Uji T terhadap kepuasan kerja menyatakan bahwa hipotesis 1 terdapat pengaruh secara signifikan antara motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, selanjutnya hipotesis 2 menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel komunikasi interpersonal terhadap variabel kepuasan kerja pegawai, dan hipotesis 3 menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel kompensasi terhadap variabel kepuasan kerja pegawai Kecamatan Ngaliyan. Berdasarkan hasil Uji T lingkungan kerja menunjukan ketiga variabel yaitu motivasi kerja, komunikasi interpersonal, dan kompensasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap lingkungan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja melalui lingkungan kerja. Komunikasi interpersonal dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja melalui lingkungan kerja. Lingkungan kerja tidak memediasi motivasi kerja namun mampu memediasi komunikasi interpersonal dan kompensasti terhadap kepuasan kerja pegawai di kantor Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain motivasi kerja, komunikasi interpersonal, dan kompensasi. Selain itu instansi harus memperhatikan cara meningkatkan lingkungan kerja untuk organisasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Komunikasi Interpersonal, Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:00
Last Modified: 26 Jan 2023 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55664

Actions (login required)

View Item View Item