PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM, MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB DENGAN COMPUTER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SISWA KELAS XII SMK AKUNTANSI DI KABUPATEN GROBOGAN)


Ervina Ayu Tamara, 7101418331 (2022) PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM, MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB DENGAN COMPUTER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SISWA KELAS XII SMK AKUNTANSI DI KABUPATEN GROBOGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418331 - Ervina Ayu Tamara.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik di kelas XII SMK akuntansi di Kabupaten Grobogan masih banyak nilai yang belum tuntas. Pemanfaatan fasilitas laboratorium yang belum optimal dikarenakan pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik yang belum maksimal dalam proses pembelajaran, dan penguasaan materi kompetensi akuntansi yang kurang maksimal dalam pembelajaran. Hasil belajar merupakan tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Hasil belajar akan meningkat apabila melalui usaha sadar yang dilakukan dengan perubahan yang positif yang kemudian disebut dengan proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium, motivasi belajar, kompetensi akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB dengan computer attitude sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK kelas XII jurusan akuntansi keuangan dan lembaga di Kabupaten Grobogan sebanyak 210 peserta didik yang seluruhnya menjadi responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil nilai dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa fasilitas laboratorium, motivasi belajar, kompetensi akuntansi dan computer attitude berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Fasilitas laboratorium, motivasi belajar dan kompetensi akuntansi berpengaruh positif terhadap computer attitude. Fasilitas laboratorium, motivasi belajar, kompetensi akuntansi berpengaruh lebih kecil memediasi computer attitude terhadap hasil belajar. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya memperhatikan peserta didik selama proses pembelajaran agar mengetahui sejauh mana penguasaan komputer akuntansi yang dimiliki peserta didik. Peserta didik dapat lebih memanfaatkan fasilitas laboratorium dan meningkatkan pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Fasilitas Laboratorium, Motivasi Belajar, Kompetensi Akuntansi, Computer Attitude
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:54
Last Modified: 26 Jan 2023 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55663

Actions (login required)

View Item View Item