PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, SIKAP KEUANGAN DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Wakhidatun Nur Baiti, 7101418329 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, SIKAP KEUANGAN DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418329 - Wakhidatun Nur Baiti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi keuangan merupakan pengetahuan dan pemahaman atas konsep dan risiko keuangan yang dimiliki seseorang, yang kemudian diterapkan dalam membuat keputusan keuangan yang efektif yang akan meningkatkan kesejahteraan keuangan individu dan masyarakat. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 38,03% yang berarti dari setiap 100 orang penduduk terdapat sekitar 38 orang yang well literate. Berdasarkan data awal yang diperoleh menunjukan bahwa literasi keuangan yang dimiliki Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES masih belum optimal karena dari 40 mahasiswa hanya 19 yang mencatat pengeluaran setiap harinya, sehingga perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi, sikap keuangan dan teman sebaya terhadap literasi keuangan dengan kecerdasan intelektual sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES Angkatan 2019 yang telah menempuh mata kuliah Pengantar Manajemen, Manajemen Keuangan, dan Penganggaran yang berjumlah 115 mahasiswa. Seluruh populasi pada penelitian ini dijadikan sampel. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan mahasiswa; (2) tidak terdapat pengaruh positif sikap keuangan terhadap literasi keuangan mahasiswa; (3) tidak terdapat pengaruh positif teman sebaya terhadap literasi keuangan mahasiswa; (4) tidak terdapat pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi terdapat literasi keuangan dengan kecerdasan intelektual sebagai variabel moderasi; (5) tidak terdapat pengaruh sikap keuangan terhadap literasi keuangan dengan kecerdasan intelektual sebagai variabel moderasi; (6) terdapat pengaruh teman sebaya terhadap literasi keuangan dengan kecerdasan intelektual sebagai variabel moderasi. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran di perguruan tinggi terdapat pengaruh positif terhadap literasi keuangan namun tidak terdapat pengaruh positif ketika di moderasi dengan kecerdasan intelektual, sikap keuangan tidak terdapat pengaruh positif terhadap literasi keuangan baik dengan ataupun tanpa di moderasi kecerdasan intelektual, teman sebaya tidak terdapat pengaruh positif terhadap literasi keuangan namun ketika di moderasi dengan kecerdasan intelektual terdapat pengaruh positif terhadap literasi keuangan. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa tetap perlu meningkatkan literasi keuangannya agar tidak mengalami masalah keuangan di masa depan, serta selalu libatkan kecerdasan intelektual yang dimiliki nya dalam mengambil keputusan agar keputusan yang di ambil dapat meningkatkan literasi keuangannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan , Pendidikan di Perguruan Tinggi , Sikap Keuangan , Teman Sebaya , Kecerdasan Intelektual
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:49
Last Modified: 26 Jan 2023 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55661

Actions (login required)

View Item View Item