FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MELANJUTKAN STUDI LANJUT S2 (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2018 dan 2019 Universitas Negeri Semarang)


Asva Miladina, 7101418325 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MELANJUTKAN STUDI LANJUT S2 (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2018 dan 2019 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418325 - Asva Miladina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki pendidikan yang tinggi, dapat dilihat dari masih sedikitnya lulusan strata 1 (S1) yang melanjutkan studi lanjut strata dua (S2). Berdasarkan data kemdikbud.go.id, (2020) mahasiswa yang melanjutkan studi lanjut S2 di Jawa Tengah berjumlah 27.974 dari 142.173 mahasiswa yang lulus S1 di Jawa Tengah. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi S2 atau pascasarjana dapat menjadi landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Minat untuk melanjutkan studi lanjut S2 dapat dipengaruhi oleh persepsi biaya, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas dan pasar kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi biaya, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas dan pasar kerja terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 225 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2018 dan 2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan rumus Slovin dan menghasilkan 135 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Model PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi biaya, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas dan pasar kerja secara simultan berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. (2) persepsi biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. (3) motivasi karir tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. (4) motivasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. (5) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. (6) pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan persepsi biaya, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas dan pasar kerja berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. Lalu, secara parsial persepsi biaya, motivasi ekonomi, motivasi kualitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2 sementara motivasi karir dan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi lanjut S2. Saran dari penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian ini agar penelitian terkait dengan minat melanjutkan studi lanjut S2 dapat diperluas lagi dengan cara menambah variabel�variabel lain yang belum ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Biaya, Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Motivasi Kualitas, Pasar Kerja, Minat Melanjutkan Studi Lanjut S2
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:40
Last Modified: 26 Jan 2023 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55660

Actions (login required)

View Item View Item