ANALISIS PENERAPAN MODEL UTAUT 2 TERHADAP POLA PERILAKU PENGGUNAAN SHOPEEPAY (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018)


Dwi Noor Rachmawati Puspadiningrum, 7101418319 (2022) ANALISIS PENERAPAN MODEL UTAUT 2 TERHADAP POLA PERILAKU PENGGUNAAN SHOPEEPAY (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418319 - Dwi Noor Rachmawati Puspadiningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku penggunaan shopeepay merupakan perilaku seseorang yang sedang atau pernah menggunakan shopeepay untuk bertransaksi. Shopeepay merupakan salah satu dompet digital yang mengalami peningkatan penggunaan selama pandemi covid-19. Shopeepay menjadi dompet digital yang paling banyak digunakan pada masa pandemi covid-19 meskipun merupakan dompet digital yang cukup baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan terhadap niat untuk menggunakan shopeepay. Selain itu, untuk menguji dan menganalisis pengaruh kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, dan niat untuk menggunakan terhadap perilaku penggunaan shopeepay dengan menggunakan gender sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang pernah menggunakan shopeepay. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang pernah menggunakan shopeepay lebih dari tiga kali selama tahun 2021-2022 sebanyak 135 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Partial Least Square Structural Equation Modeling dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan kinerja, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan shopeepay. Harapan usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis, dan nilai harga tidak berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan shopeepay. Adapun kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan shopeepay. Niat untuk menggunakan tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan shopeepay. Sedangkan gender tidak dapat memoderasi pengaruh kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan terhadap niat untuk menggunakan shopeepay serta pengaruh kebiasaan terhadap perilaku penggunaan shopeepay. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat lima hipotesis penelitian yang diterima dan sepuluh hipotesis yang ditolak. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat menggunakan dompet digital sesuai fungsinya, memanfaatkan fasilitas yang dimiliki untuk menggunakan dompet digital secara bijaksana, serta memiliki literasi dan perilaku keuangan yang baik. Selain itu, populasi penelitian dapat dipeluas seperti mahasiswa seluruh angkatan atau masyarakat di suatu daerah tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penggunaan Shopeepay, UTAUT 2, Gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:24
Last Modified: 26 Jan 2023 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55658

Actions (login required)

View Item View Item