PENGARUH KEYAKINAN DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MASA PANDEMI COVID-19


Ajeng Metha Lutfyana, 7101418184 (2022) PENGARUH KEYAKINAN DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418184 - Ajeng Metha Lutfyana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemic covid- 19. Proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menjadi problematika bagi tenaga pendidik juga peserta didik. Praktikum akuntansi keuangan merupakan salah satu mata kuliah mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi yang berbasis praktik. Pembelajaran yang paling terbebani selama pandemic yaitu pembelajaran berbasis praktikum secara online. Pembelajaran praktikum secara online menuai banyak hambatan yang dialami baik dosen maupun mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel eksogen keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap variabel endogen yaitu hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 163 mahasiswa. Dalam penelitian ini mengambil jumlah sampel sebanyak 116 responden menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan Simple Random Sample. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey yang menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk pada asumsi SEM dengan mengacu pada perhitungan SmartPLS sehingga model dinyatakan layak. Keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dan minat belajar. Keyakinan diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar. Selanjutnya keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Sedangkan minat belajar mampu memediasi pengaruh keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat delapan hipotesis diterima dan empat hipotesis ditolak. Saran yang diberikan peneliti yaitu mahasiswa diharapkan dapat membiasakan diri dengan perilaku belajar yang baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keyakinan Diri, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:22
Last Modified: 26 Jan 2023 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55657

Actions (login required)

View Item View Item