PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI DAN PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI


Muhammad Rifki Rivaldi, 7101418317 (2022) PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI DAN PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418317 - Muhammad Rifki Rivaldi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pemustaka merupakan sebuah hasil dari suatu penilaian terhadap sebuah produk jasa maupun non jasa yang memiliki kesesuaian dengan harapan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebutuhan informasi pengaruh kebutuhan informasi dan pendidikan pemakai terhadap kepuasan pemustaka dengan kualitas pelayanan sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi pengujian hipotesis. Populasi sebanyak 1.002 seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling dan diperoleh 286 mahasiswa berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modeliing (SEM) PLS. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan kepuasan pemustaka dan pendidikan pemakai termasuk dalam kategori kurang sesuai. Sedangkan dalam kebutuhan informasi dan kualitas pelayanan termasuk dalam kategori sesuai. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kebutuhan informasi terhadap kepuasan pemustaka. Begitu juga dengan pendidikan pemakai terhadap kualitas pelayanan. Secara parsial, baik kebutuhan informasi maupun pendidikan pemakai memiliki pengaruuh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Kualitas pelayanan dalam penelitian ini mampu memediasi pengaruh pendidikan pemakai terhadap kepuasan pemustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh kebutuhan informasi, pendidikan pemakai dan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh kebutuhan informasi dan pendidikan pemakai. Selain itu kualitas pelayanan mampu menjadi variabel intervening dalam pengaruh kebutuhan informasi dan pendidikan pemakai terhadap kepuasan pemustaka. Saran yang diberikan antara lain : (1) Perpustakaan dapat menambah papan petunjuk atau informasi untuk membaca dan mengetahui tata letak buku dalam penomoran yang disediakan (2) Perpustakaan perlu memperbaiki akses internet yang ada (3) Perpustakaan dapat membenahi sistem penguncian di loker pengunjung yang ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Informasi, Pendidikan Pemakai, Kepuasan Pemustaka, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:19
Last Modified: 26 Jan 2023 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55655

Actions (login required)

View Item View Item