PENGARUH INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA, SERTA SELF EFFICACY DENGAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUASAN E-LEARNING (Studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang)


Khusumah Ing Wahyu, 7101418173 (2022) PENGARUH INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA, SERTA SELF EFFICACY DENGAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUASAN E-LEARNING (Studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418173 - Khusumah Ing Wahyu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 mendorong peningkatan penggunaan e-learning sebagai metode pembelajaran pada beberapa perguruan tinggi, namun pelaksanaan e�learning belum secara optimal memberikan kepuasan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi dosen dan mahasiswa, interaksi teman sebaya, serta self efficacy dengan persepsi kemudahan penggunaan sebagai variabel moderating terhadap kepuasan e-learning pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dimana jumlah sampel sebesar jumlah populasi yaitu 115 mahasiswa. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Analisis statistik deskriptif menjelaskan bahwa interaksi dosen dan mahasiswa, interaksi teman sebaya, self efficacy, persepsi kemudahan penggunaan, maupun kepuasan e-learning berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi dosen dan mahasiswa, serta self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan e-learning, sedangan interaksi teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan e-learning. Persepsi kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi mampu memoderasi pengaruh interaksi teman sebaya, dan self efficacy terhadap kepuasan e-learning. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan nilai 0,716 yang menunjukkan bahwa ketiga variabel independen dan satu variabel moderasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan e-learning sebesar 71,6%. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan e-learning adalah interaksi teman sebaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel interaksi dosen dan mahasiswa, interaksi teman sebaya, serta variabel self efficacy secara parsial mempengaruhi kepuasan e-learning. Variabel persepsi kemudahan penggunaan mampu memoderasi pengaruh interaksi teman sebaya dan self efficacy terhadap kepuasan e-learning. Saran dalam penelitian ini yaitu dosen diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan interaktif, mahasiswa diharapkan untuk membentuk maupun meningkatakan self efficacy, serta bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan skala penelitian maupun menambahkan variabel lain seperti media pembelajaran maupun sikap optimisme sebagai variabel moderasi maupun intervening

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Dosen dan Mahasiswa, Interaksi teman Sebaya, Kepuasan E-Learning, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:10
Last Modified: 26 Jan 2023 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55653

Actions (login required)

View Item View Item