PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN LOKUS KENDALI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Reka Windaryani, 7101418172 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN LOKUS KENDALI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418172 - Reka Windaryani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku keuangan mahasiswa menjadi masalah yang menarik karena pada kalangan mahasiswa terkait pengelolaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari yang mulai jauh dan lepas dari pengawasan orang tua ketika berada di kos. Perilaku keuangan merupakan cara bagaimana seseorang mengatur dan mengelola keuangan mereka seperti dalam merencanakan, mengalokasikan, menyimpan, serta mengendalikan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji, dan mendeskripsikan pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan efikasi diri terhadap perilaku keuangan mahasiswa dengan lokus kendali sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengambilan data melalui Kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan jumlah populasi sebesar 573 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling dengan perhitungan sampel sebesar 236 mahasiswa dengan penentuan responden menggunakan undian kemudian dipilih secara acak berdasarkan proporsi masing-masing jurusan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. Terdapat pengaruh signifikan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan. Efikasi diri tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dan lokus kendali berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. Selanjutnya sikap keuangan dan pengetahuan keuangan berpengaruh signifikan terhadap lokus kendali. Terdapat pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan melalui lokus kendali. Selanjutnya terdapat pengaruh signifikan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan melalui lokus kendali Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat enam hipotesis yang diterima dan dua hipotesis yang ditolak. Hal tersebut bermakna terdapat pengaruh langsung sikap keuangan terhadap perilaku keuangan dan terdapat pengaruh tidak langsung pengetahuan dan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan melalui lokus kendali. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa diharapkan untuk meningkatkan sikap keuangan yang dimiliki serta mengimbangi pengetahuan dan sikap keuangan tersebut dengan lokus kendali atau pengendalian diri yang baik agar tercipta perilaku keuangan yang baik. Selain itu peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel lain yang bersifat sosial atau eksternal sehingga dapat diketahui faktor�faktor perilaku keuangan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap keuangan, Efikasi Diri, Lokus Kendali
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:03
Last Modified: 26 Jan 2023 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55652

Actions (login required)

View Item View Item