EFEK MODERASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM FESYEN DI MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)


Widya Santika Amalia, 7101418314 (2022) EFEK MODERASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM FESYEN DI MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418314 -Widya Santika Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun model struktural ketergunaan atau peran electronic word of mouth dalam memoderasi pengetahuan produk dan iklan terhadap keputusan pembelian produk UMKM fesyen di marketplace. Dalam penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan iklan terhadap keputusan pembelian produk UMKM fesyen di marketplace pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 6.997 mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Jumlah sampel sebanyak 379 responden dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian struktural berbasis covariance based SEM menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan iklan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, electronic word of mouth juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, pada penelitian ini tidak terbukti bahwa electronic word of mouth memiliki efek moderasi pada hubungan pengetahuan produk dan iklan terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth menjadi dasar mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian, walaupun produk UMKM fesyen di marketplace memiliki iklan yang kurang menarik dan pengetahuan produk yang sedikit, mahasiswa tetap melihat review dari konsumen terlebih dahulu sebagai dasar dalam mengambil keputusan pembelian. Saran informasi mengenai pengetahuan produk dan, konsep iklan dapat dipertahankan atau dapat ditingkatkan, serta aspek electronic word of mouth perlu ditingkatkan kembali, agar mahasiswa dapat lebih yakin dalam mengambil keputusan pembelian produk UMKM fesyen di marketplace.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Pengetahuan Produk, Iklan, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:05
Last Modified: 26 Jan 2023 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55651

Actions (login required)

View Item View Item