PENGARUH SELF EFFICACY, LITERASI DIGITAL, DAN SCHOOL SUPPORT TERHADAP PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GURU SMK AKUNTANSI DI KABUPATEN JEPARA


Sofyan Setiyawan, 7101418308 (2022) PENGARUH SELF EFFICACY, LITERASI DIGITAL, DAN SCHOOL SUPPORT TERHADAP PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GURU SMK AKUNTANSI DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418308 - Sofyan Setiyawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka kerja yang diperlukan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran melalui analisis kebutuhan materi/konten dan aspek pedagogi. Perkembangan teknologi yang pesat belum diimbangi dengan penguasaan materi dan literasi terhadap teknologi oleh guru sehingga penerapan TPACK ini belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy, literasi digital, dan school support terhadap penerapan TPACK pembelajaran akuntansi dengan etos kerja sebagai variabel moderasi pada guru SMK akuntansi di Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru produktif akuntansi SMK Akuntansi di Kabupaten Jepara. Jumlah sampel penelitian sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Moderate Regression Analysis (MRA) dengan metode uji selisih nilai mutlak. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan TPACK berada dalam kategori tinggi. Self efficacy berada dalam kategori tinggi, literasi digital berada dalam kategori tinggi, school support berada dalam kategori mendukung, dan etos kerja berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa self efficacy, literasi digital, dan school support berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi. Etos kerja mampu memperkuat pengaruh self efficacy dan literasi digital terhadap penerapan TPACK, namun etos kerja tidak mampu memperkuat pengaruh school support terhadap penerapan TPACK. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TPACK dipengaruhi oleh self efficacy, literasi digital, dan school support. Pengaruh literasi digital terhadap penerapan TPACK paling dominan, yaitu secara parsial sebesar 40,45%. Etos kerja hanya mampu memperkuat pengaruh self efficacy dan literasi digital terhadap penerapan TPACK. Saran penelitian selanjutnya guru akuntansi diharapkan mengikuti pelatihan-pelatihan, belajar mandiri dari internet untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan profesionalitas agar dapat menerapkan TPACK dengan lebih baik serta pihak sekolah diharapkan mendukung guru dengan menfasilitasi mengikuti sertifikasi terkait program aplikasi komputer serta menyediakan praktisi teknologi informasi guna menunjang penerapan TPACK dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Literasi Digital, School Support, Etos Kerja Penerapan TPACK
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:53
Last Modified: 26 Jan 2023 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55649

Actions (login required)

View Item View Item