PERAN EXPERIENCE DALAM MEMODERASI PENGARUH EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP ONLINE GROCERY SHOPPING INTENTION PADA KONSUMEN DI JAWA TENGAH


Devi Cahyaningrum, 7101418167 (2022) PERAN EXPERIENCE DALAM MEMODERASI PENGARUH EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP ONLINE GROCERY SHOPPING INTENTION PADA KONSUMEN DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418167 - Devi Cahyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Konsumen di Jawa Tengah lebih banyak yang menggunakan Shopee dan Tokopedia untuk berbelanja grocery. Hal itu terjadi karena aplikasi belanja online yang khusus menjual produk grocery seperti happyfresh dan sayurbox belum menjangkau banyak domisili terutama Provinsi Jawa Tengah. Padahal Provinsi Jawa Tengah memiliki integrasi yang tinggi terhadap internet sebesar 9,51% dan integrasi terhadap e-commerce sebesar 9,64%. Aplikasi belanja online berguna bagi konsumen untuk membantu melakukan kegiatan belanjanya menjadi lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh effort expectancy, social influence, dan hedonic motivation terhadap online grocery shopping intention konsumen di Jawa Tengah dengan experience sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif inferensial dengan studi pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah konsumen di Jawa Tengah yang pernah berbelanja secara online. Jumlah sampel sebanyak 150 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan teknik purposive sampling dengan kriteria pemilihan sampel adalah konsumen yang pernah melakukan online grocery shopping, berusia 15 tahun sampai 34 tahun, dan berdomisili di wilayah Jawa Tengah. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan alat analisis SmartPLS 3 dengan model persamaan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis deskriptif menunjukkan online grocery shopping intention dalam kategori tinggi, effort expectancy dalam kategori tinggi, social influence dalam kategori sedang, hedonic motivation dalam kategori tinggi, dan experience dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap online grocery shopping intention adalah effort expectancy, social influence, dan hedonic motivation. Kemudian, effort expectancy dan hedonic motivation yang dimoderasi experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap online grocery shopping intention. Sedangkan social influence yang dimoderasi experience berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap online grocery shopping intention. Saran untuk konsumen di Jawa Tengah, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman menggunakan aplikasi belanja online untuk belanja grocery agar mendapatkan manfaat dari aplikasi belanja online secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Effort Expectancy, Social Influence, Hedonic Motivation, Online Grocery Shopping Intention, Experience.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:54
Last Modified: 26 Jan 2023 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55647

Actions (login required)

View Item View Item