PENGARUH SISTEM E-PAYMENT, MEDIA SOSIAL DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK PAKAIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI DI KOTA SEMARANG


Desti Ika Mardayani, 7101418163 (2022) PENGARUH SISTEM E-PAYMENT, MEDIA SOSIAL DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK PAKAIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418163 - Desti Ika Mardayani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh sistem e-payment, media sosial dan literasi digital terhadap keputusan membeli produk pakaian pada mahasiswa universitas negeri di Kota Semarang. Keputusan membeli produk pakaian adalah keputusan mahasiswa dalam memilih produk pakaian dengan menggunakan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri di Kota Semarang angkatan tahun 2021 yang berjumlah 26.605. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Random Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 394 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda menggunakan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis deskriptif dari variabel keputusan membeli tergolong sangat baik yang ditunjukkan dengan rata-rata skor jawaban responden sebesar 30,73. Sedangkan untuk variabel bebas dalam penelitian ini yaitu variabel sistem e-payment memiliki rata-rata 65,07 berada pada kategori sangat baik, variabel media sosial memiliki rata-rata 20 berada pada kategori sangat baik dan variabel literasi digital memiliki rata-rata 51,99 berada pada kategori sangat baik. Variabel sistem e-payment berpengaruh terhadap keputusan membeli sebesar 2,89%. Variabel media sosial berpengaruh terhadap keputusan membeli sebesar 0,75%. Variabel literasi digital berpengaruh sebesar 1,21%. Hasil analisis persamaan regresi linier berganda Y= 10,694 + 0,091 X1 + 0,147 X2 + 0,215 X3 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,205 artinya semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan membeli sebesar 19,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah mahasiswa untuk dapat menggunakan sistem pembayaran berbasis internet (e-payment) yang mudah untuk digunakan, memanfaatkan berbagai macam media sosial dan melatih kemampuan literasi digital supaya lebih bijak dalam melakukan pembelian produk pakaian. Bagi perusahaan produk pakaian untuk dapat menggunakan sistem pembayaran berbasis internet (e-payment) selain pembayaran tunai. Dalam strategi pemasaran untuk dapat mengelola media sosial dan memanfaatkan berbagai macam media sebagai wadah mahasiswa memperoleh informasi mengenai produk pakaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Membeli, Sistem E-Payment, Media Sosial, Literasi Digital
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:44
Last Modified: 26 Jan 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55645

Actions (login required)

View Item View Item