HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS DALAM JARINGAN KELAS V SDN GUGUS MELATI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA


Diah Ayu Noviani, 1401417247 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS DALAM JARINGAN KELAS V SDN GUGUS MELATI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417247 - Diah Ayu Noviani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan pendidikan diantaranya ditentukan oleh hasil belajar siswa. Motivasi belajar dan perhatian orang tua merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Gugus Melati Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara diketahui bahwa sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM disebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, serta minimnya perhatian dari sebagian orang tua pada kegiatan belajar siswa dikarenakan aktif bekerja. Siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi dan perhatian orang tua yang baik, dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua bersama-sama dengan hasil belajar daring muatan IPS kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara sebanyak 166 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 117 siswa. Variabel pada penelitian ini meliputi motivasi belajar dan perhatian orang tua sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar muatan IPS nilai rhitung > rtabel yaitu 0,433 > 0,182, dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 18,8%.(2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian oran tua dengan hasil belajar muatan IPS nilai rhitung > rtabel yaitu 0,482 > 0,182, dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 23,2%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar muatan IPS nilai rhitung > rtabel, yaitu 0,548 > 0,182, dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 30,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar daring muatan IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Saran bagi guru dan orang tua diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan perhatian orang tua sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, perhatian orang tua, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:40
Last Modified: 26 Jan 2023 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55644

Actions (login required)

View Item View Item