PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF YANG DIMEDIASI OLEH EMOSI POSITIF


Shofi Anindya Putri, 7101418292 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF YANG DIMEDIASI OLEH EMOSI POSITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418292 - Shofi Anindya Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan berdasarkan sifat irasional manusia dan dilakukan secara tiba-tiba. Mahasiswa merupakan seseorang yang berada pada kondisi dan umur yang rentan melakukan pembelian impulsif, mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 cenderung memperhatikan sesuatu yang tampak dari luar sehingga seringkali melakukan pembelian secara impulsif. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan penggunaan dompet digital terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Populasi pada penelitian ini mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 sebanyak 7.059 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 379 dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan alat bantu google form. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan sobel test. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Penggunaan dompet digital dan emosi positif berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Penggunaan media sosial dan penggunaan dompet digital berpengaruh positif terhadap emosi positif. Terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial dan penggunaan dompet digital terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif. Simpulan dari penelitian ini adalah emosi positif dapat memediasi pengaruh langsung penggunaan media sosial dan penggunaan dompet digital terhadap pembelian impulsif. Saran untuk mahasiswa adalah membuat skala prioritas, membuat catatan pemasukan dan pengeluaran pribadi, mengontrol pembelian dengan anggaran yang tersedia, selektif dan rasional dalam merespon iklan dan promo yang tersedia serta mengatur dalam membatasi keinginan atau ketertarikan pada pembelian produk yang diluar kebutuhan pokok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Media Sosial, Dompet Digital, Emosi Positif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:41
Last Modified: 26 Jan 2023 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55643

Actions (login required)

View Item View Item