PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENENTUKAN TOPIK CERITA NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN 01 BULAK KABUPATEN KENDAL


Azizah Sukmawati, 1401417244 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENENTUKAN TOPIK CERITA NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN 01 BULAK KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417244 - Azizah Sukmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru kelas IV SDN 01 Bulak, diperoleh informasi bahwa siswa mengalami masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menentukan topik cerita pada teks nonfiksi, dibuktikan dengan hasil belajar siswa terdapat sebanyak 53,57% siswa belum mencapai KKM Bahasa Indonesia yaitu 65. Setelah melakukan wawancara dengan guru, hal tersebut diduga terjadi karena bahan ajar yang digunakan tidak layak sehingga siswa sulit untuk menentukan topik dari cerita nonfiksi yang disediakan sekolah karena isi bacaannya kurang sesuai dengan pengalaman dan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan dari bahan ajar berbasis lokal terhadap kemampuan menentukan topik cerita. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan mengunakan model pengembangan teori Borg dan Gall meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kecil, revisi produk, dan uji coba produk besar. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : (1) Uji kelayakan dari komponen media diperoleh persentase 97% dan uji kelayakan materi sebesar 87% sehingga keduanya memenuhi kriteria ―sangat layak‖; (2) Pengujian hipotesis statistik dengan rumus paired sample t-test menunjukkan thitung 18.500 > ttabel 2.042 maka Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan; (3) Uji coba produk diperoleh rata-rata nilai tes awal 44,8 dan tes akhir 82,8, peningkatan rata-rata sebesar 37,9. Hasil uji peningkatan rata-rata (Gain) yaitu sebesar 0,694 dan tergolong dalam kriteria sedang Simpulan penelitian ini yaitu (a) pengembangan bahan ajar berbasis lokal dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian kelayakan media dan materi, (b) melalui uji keefektifan, bahan ajar berbasis lokal efektif untuk meningkatkan kemampuan menentukan topik cerita nonfiksi siswa kelas IV. Saran penelitian selanjutnya yaitu pengembangan bahan ajar berbasis lokal dapat disesuaikan dengan kondisi, permasalahan dan daerah masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Berbasis Lokal, Menentukan Topik Cerita.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:36
Last Modified: 26 Jan 2023 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55642

Actions (login required)

View Item View Item