Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan STM dengan CD Interaktif Pada siswa Kelas IVB SD N Tawang Mas 01 Kota Semarang


Ika Musfarida , 1402407139 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan STM dengan CD Interaktif Pada siswa Kelas IVB SD N Tawang Mas 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan STM dengan CD Interaktif Pada siswa Kelas IVB SD N Tawang Mas 01 Kota Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan STM dengan CD Interaktif Pada siswa Kelas IVB SD N Tawang Mas 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik sehingga proses KBM terasa sangat monoton yang menyebabkan siswa tidak fokus memperhatikan pembelajaran saat itu sehingga berimbas pada hasil belajar siswa rendah. Maka peneliti mengkaji melalui penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan STM dengan CD interaktif pada siswa kelas IV B SD N Tawang Mas 01. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah melalui pendekatan STM CD dengan interaktif dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA?, 2) Apakah melalui pendekatan STM dengan CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA, 3) Apakah melalui pendekatan STM dengan CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, 4) Apakah melalui pendekatan STM dengan CD interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA?. Penelitian ini dilakukan di SD N Tawang Mas 01 Kota Semarang kelas IVB dengan jumlah siswa 40 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki, 25 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui tahapantahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor aktivitas siswa adalah 16,4 dengan kategori baik, namun pada indikator keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan dan keseriusan siswa dalam mengerjakan soal belum maksimal sehingga dilakukan siklus II, pada siklus II rata-rata perolehan skor aktivitas siswa meningkat menjadi 19,8 dengan kategori sangat baik, 2) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh total skor 25 dengan kategori baik,akan tetapi dilakukan siklus II dikarenakan indicator kemampuan guru dalam membuka pelajaran belum terpenuhi. dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 32 dengan kategori sangat baik, 3) Observasi kualitas pembelajaran pada siklus I diperoleh total skor 15 dengan kategori baik, namun pada indicator iklim pembelajaran yang tercipta selama KBM perlu ditingkatkan lagi dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 18 dengan kategori sangat baik, 4) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 72,5% (29 dari 40 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 65,25 , belum memenuhi indicator keberhasilan sehingga dilakukan siklus II dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5% (37 dari 40 siswa) dengan nilai rata-rata 83. Sebaran nilai pada siklus I dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 90, sedangkan siklus II sebaran nilai berkisar dari nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan STM dengan CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, kualitas pembelajaran, dan hasil belajar sisw

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pendekatan STM, Media CD interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:07
Last Modified: 25 Apr 2015 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item