PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMODERASI PENGARUH SELF EFFICACY, SELF REGULATION DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK


Lis Setyo Ningsih, 7101418158 (2022) PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMODERASI PENGARUH SELF EFFICACY, SELF REGULATION DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418158 - Lis Setyo Ningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku menunda-nunda yang dilakukan secara sengaja dalam mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran motivasi belajar memoderasi pengaruh self-efficacy, self-regulation, dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang sejumlah 1009 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak 287 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik, self-efficacy, dan motivasi belajar berada pada kategori tinggi, sedangkan self-regulation dan konformitas teman sebaya berada pada kategori cukup tinggi. Variasi perilaku kecurangan akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang secara parsial self-efficacy sebesar 1,61%, self-regulation berpengaruh sebesar 2,60%, konformitas teman sebaya berpengaruh sebesar 3,50%, interaksi self-efficacy dengan motivasi belajar berpengaruh sebesar 1,35%, interaksi self-regulation dengan motivasi belajar berpengaruh sebesar 3,61% dan interaksi konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar berpengaruh sebesar 2,60% terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa secara parsial self-efficacy dan self-regulation berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa sedangkan konformitas teman sebaya berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik. Adapun motivasi belajar tidak mampu memoderasi pengaruh self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik. Namun motivasi belajar mampu memoderasi pengaruh self-regulation dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam meminimalisir terjadinya prokrastinasi akademik adalah dengan menjadwalkan waktu khusus belajar, mengelola waktu secara efektif untuk mengerjakan tugas dan mendahulukan mengerjakan tugas daripada melakukan aktivitas lain yang cenderung menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Self-Efficacy, Self-Regulation, Konformitas Teman Sebaya, Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:29
Last Modified: 26 Jan 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55639

Actions (login required)

View Item View Item