Pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)


Alifah Aperiliyani, 7101418285 (2022) Pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418285 - Alifah Aperiliyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk mengomunikasikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi yang berkelanjutan untuk membangun citra dan reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dewan komisaris, dewan komisaris independen dan komite audit terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan LQ45. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 tahun 2018-2020 yang berjumlah 135 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 unit analisis. Data sekunder yang digunakan merupakan laporan tahunan yang diunduh melalui website BEI dan website resmi masing-masing perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda data panel yang diolah dengan bantuan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengungkapan CSR pada perusahaan LQ45 tahun 2018-2020 sebesar 32%. Profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR dengan rata-rata 7% dan Rp 20,028T. Sedangkan rata-rata leverage 49%, dewan komisaris dengan rata-rata 6, dewan komisaris independen terdapat rata-rata 4 dan komite audit memiliki rata-rata 4 tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Berdasarkan uji F, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dewan komisaris, dewan komisaris independen dan komite audit secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan LQ45 Simpulan penelitian ini adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, sedangkan leverage, dewan komisaris, dewan komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Saran dari penelitian ini perusahaan harus mengungkapkan dan meningkatkan pengungkapan CSR secara komprehensif dan rinci sesuai dengan indikator yang berlaku yaitu standar Global Reporting Initiatives (GRI), penelitian selanjutnya dapat menggunakan alternatif variabel independen lain dan menambah rentang waktu penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Leverage, Komite Audit, Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:26
Last Modified: 26 Jan 2023 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55638

Actions (login required)

View Item View Item