IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU DALAM MENANGGULANGI PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN SURYATMAJAN KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKAR


Donna Katriana, 3211417033 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU DALAM MENANGGULANGI PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN SURYATMAJAN KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211417033 - Donna Katriana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan SK Walikota Yogyakarta luas daerah kumuh di Kelurahan Suryatmajan adalah 8,39 ha. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah menetapkan Kelurahan Suryatmajan sebagai salah satu sasaran program KOTAKU. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program KOTAKU di Kelurahan Suryatmajan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya, dan mengetahui tingkat prioritas penanganan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua metode, yakni metode kuantitatif untuk mengetahui tingkat prioritas penanganan permukiman kumuh yang menggunakan AHP, dan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi di Kelurahan Suryatmajan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi. Variabel dalam penelitian ini adalah program KOTAKU dan permukiman kumuh. Hasil dari penelitian ini, yaitu implementasi program KOTAKU di Kelurahan Suryatmajan berhasil mengurangi luasan kumuh dari 8,39 ha menjadi 1,48 ha. Faktorfaktor yang mendukung implementasi KOTAKU meliputi: kolaborasi baik antar kelembagaan, partisipasi masyarakat, tokoh masyarakat, dukungan dari pemerintah, dan adanya potensi Kelurahan Suryatmajan sebagai penyangga ekonomi baru Malioboro. Faktor-faktor penghambat meliputi: akses Kelurahan Suryatmajan yang sulit dijangkau, perijinan pembangunan yang rumit, dan kepadatan bangunan yang menyulitkan proses pembangunan. Penelitian ini menggunakan aplikasi expert choice untuk melakukan pengolahan data dengan metode AHP. Nilai inconsistency atau nilai CR (Consistency Ratio) yang didapat adalah 0,05 yang menunjukkan bahwa penelitian ini valid karena tidak lebih dari 0,1 (10%). Hasil penggunaan metode AHP (Analytical Hierarchy Proccess) mengnai tingkat prioritas penanganan 7 indikator kumuh di Kelurahan Suryatmajan adalah pengolahan limbah, pengolahan air minum, pengolahan sampah, drainase, bangunan gedung, jalan lingkungan dan proteksi kebakaran. Simpulan dalam penelitian ini program KOTAKU di Kelurahan Suryatmajan berhasil mengurangi luasan kumuh dengan tingkat keberhasil 82%. Saran dalam penelitian ini adalah pemerintah diharapkan dapat mengoptimalkan potensi Kelurahan Suryatmajan untuk meningkat ekonomi masyarakat serta dapat memberikan edukasi dan pelatihan yang lebih banyak terutama untuk masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program KOTAKU, Permukiman Kumuh, Metode AHP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:08
Last Modified: 26 Jan 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55635

Actions (login required)

View Item View Item