PERAN ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Pelaku UKM di Kota Bogor)


Ayudia Azzahra Dewi, 7101418157 (2022) PERAN ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Pelaku UKM di Kota Bogor). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418157 - Ayudia Azzahra Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan UKM di Kota Bogor meraih banyak prestasi atas keberhasilannya baik skala nasional maupun internasional, seperti penghargaan Natamukti Nindya Ganapravara yang merupakan bentuk apresiasi dari International Council for Small Business. Namun, banyak usaha yang harus tutup atau beralih jenis usahanya dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah belum meratanya digitalisasi dalam menjalankan usahanya yang memerlukan penggunaan peran Entrepreneurial Orientation yang mana dimensi-dimensi dalam Entrepreneurial Orientation berguna untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan perlu disempurnakan dengan kemampuan literasi digital dalam digitalisasi usaha. Dimensi-dimensi Entrepreneurial Orientation ada lima yang diantaranya adalah Inovasi, Pro-Aktif, Pengambilan Risiko, Otonomi dan Agresivitas Kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran Entrepreneurial Orientation terhadap Keberhasilan UKM dengan Literasi Digital sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan studi pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah pelaku UKM di Kota Bogor. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan teknik simple random sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana beserta uji koefisien determinasi dan uji interaksi moderated regression analysis (MRA) dengan alat analisis software SPSS 20. Hasil analisis deskriptif menunjukkan Entrepreneurial Orientation berada dalam kategori sedang, Literasi Digital dalam kategori tinggi dan Keberhasilan UKM dalam ketegori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Entrepreneurial Orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan UKM. Kemudian Entrepreneurial Orientation yang telah dimoderasi Literasi Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan UKM. Saran untuk pelaku UKM di Kota Bogor diharapkan dapat meningkatkan penggunaan peran Entrepreneurial Orientation dengan frekuensi yang lebih sering dan kemampuan literasi digital dalam memaksimalkan tercapainya keberhasilan usaha

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurial Orientation, Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (UKM), Literasi Digital
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:25
Last Modified: 26 Jan 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55632

Actions (login required)

View Item View Item