PENGARUH KKONSEP DIRI, KEPERCAYAAN DIRI, DAN ATRAKSI INTERPERSONAL DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Errika Shinta Dinata, 7101418155 (2022) PENGARUH KKONSEP DIRI, KEPERCAYAAN DIRI, DAN ATRAKSI INTERPERSONAL DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418155 - Errika Shinta Dinata.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas komunikasi interpersonal memiliki peran penting bagi mahasiswa karena komunikasi interpersonal yang baik dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menjalin komunikasi kepada orang lain dan untuk mensukseskan aktifitas akademik maupun non akademik, namun dalam hasil angket awal kualitas komunikasi interpersonal mahasiswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan agar kegiatan akademik dapat berjalan dengan lancar. Berbagai hasil penelitian pada tema komunikasi interpersonal juga menunjukkan hasil penelitian yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal yaitu variabel konsep diri, kepercayaan diri, dan atraksi interpersonal dengan penggunaan media sosial sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019 sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Sampling jenuh yaitu jumlah sampel sama dengan populasi, sehingga sampel dalam penelitian berjumlah 114 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan, terdapat 2 (dua) hipotesis yang ditolak dan 5 (lima) hipotesis yang diterima, dengan rincian sebagai berikut, konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi interpersonal sebesar 30,1%. Begitupula konsep diri yang dimoderasi oleh penggunaan media sosial berperngaruh positif dan signifikan sebesar 19,4%. Kepercayaan diri berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan sebesar -9% terhadap komunikasi interpersonal. Namun, konsep diri yang dimoderasi oleh penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan sebesar 14,9%. Atraksi Interpersonal berpengaruh paling besar terhadap komunikasi interpersonal sebesar 33,9%. Sedangkan atraksi interpersonal yang dimoderasi oleh penggunaan media sosial berpengaruh positif sebesar 5,5% namun tidak signifikan. Selanjutnya, penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan sebesar 19,7% terhadap komunikasi interpersonal. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa 5 (lima) hipotesis diterima dan 2 (dua) hipotesis ditolak. Saran kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi konumikasi interpersonal seperti kecerdasan emosi, dukungan sosial, lingkungan teman sebaya, atau variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri, Kepercayaan Diri, Atraksi Interpersonal, dan Penggunaan Media Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:51
Last Modified: 26 Jan 2023 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55630

Actions (login required)

View Item View Item