DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJAR EKONOMI (Studi Kasus di SMA Sultan Agung 3 Semarang)


Yulia Mustika Ningrum, 7101418273 (2022) DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJAR EKONOMI (Studi Kasus di SMA Sultan Agung 3 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418273 - Yulia Mustika Ningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah di dunia pendidikan untuk membangun kualitas sumberdaya manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, self efficacy, dan kecerdasan adversity terhadap kemampuan berpikir kritis dengan pengendalian diri sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IPS SMA Sultan agung 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain kausalitas, dengan menggunakan metode survei. Populasi dan sampel sebanyak 78 siswa kelas XI IPS SMA Sultan agung 3 Semarang. Teknik pengambilan sample menggunakan sample jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis 37,7%, self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis 19,7%, kecerdasan adversity berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis 33,2%, pengendalian diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis 26,5%.Selain itu, kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap pengendalian diri 22,7%, self efficacy berpengaruh positif terhadap pengendalian diri 9%, dan kecerdasan adversity berpengaruh positif terhadap pengendalian diri 28,7%. Kebiasaan belajar, self efficacy, dan kecerdasan adversity berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis melalui pengendalian diri. Saran dari peneliti, sebaiknya pihak sekolah dan guru mengevaluasi kembali dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui latihan soal-soal yang sulit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Self efficacy, Kecerdasan Adversity, Kemampuan Berpikir Kritis, Pengendalian Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:40
Last Modified: 26 Jan 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55625

Actions (login required)

View Item View Item