PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN EKONOMI TERHADAP NIAT MEMILIH KARIER MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang)


Senia Paramesti, 7101418151 (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN EKONOMI TERHADAP NIAT MEMILIH KARIER MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418151 - Senia Paramesti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Niat memilih karier menjadi guru merupakan keinginan untuk menjadi guru secara profesi dan siap melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan profesi guru. Namun, tidak semua mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan memiliki niat untuk menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, dan pertimbangan ekonomi terhadap niat memilih karier menjadi guru dengan motivasi intrinsik sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi penelitian sebanyak 348 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan simple random sampling dengan standar eror 5%. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Analisis deskriptif menunjukan bahwa niat memilih karier menjadi guru, dan efikasi diri berada pada kategori tinggi, lingkungan keluarga berada pada kategori mendukung, dan pertimbangan ekonomi berada pada kategori baik, serta motivasi intrinsik berada pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa efikasi diri, pertimbangan ekonomi, dan motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap niat memilih karier menjadi guru, sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh negatif terhadap niat memilih karier menjadi guru. Efikasi diri dan pertimbangan ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi intrinsik, sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap motivasi intrinsik. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap niat memilih karier menjadi guru melalui motivasi intrinsik. Efikasi diri dan pertimbangan ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap niat memilih karier menjadi guru melalui motivasi intrinsik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa motivasi intrinsik berhasil memediasi pengaruh efikasi diri dan pertimbangan ekonomi terhadap niat memilih karier menjadi guru namun tidak dapat memediasi pengaruh lingkungan keluarga terhadap niat memilih karier menjadi guru. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan hendaknya mempertahankan niat untuk memilih karir menjadi guru dengan mengikuti seminar pendidikan, workshop kurikulum, dan pelatihan pembelajaran untuk menunjang kompetensi menjadi guru professional. Bagi lingkungan keluarga diharapkan mampu memberikan penguatan positif terhadap jurusan pendidikan yang dipilih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Pertimbangan Ekonomi, Motivasi Intrinsik, Niat Memilih Karier Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:37
Last Modified: 26 Jan 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55624

Actions (login required)

View Item View Item