PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMAN 2 BAE KUDUS


Dinianty Ayu Ardany, 7101418270 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMAN 2 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418270 - Dinianty Ayu Ardany.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Hasil belajar dapat dikatakan tuntas apabila telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh guru. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa nilai rata – rata siswa 69, hal itu berarti banyak siswa yang belum melampaui batas minimal ketuntasan pada mata pelajaran akuntansi. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan belajar pada mata pelajaran akuntansi masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 205 siswa kelas XII IPS SMAN 2 Bae Kudus. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Dikarenakan sebanyak 30 siswa kelas XII IPS dijadikan sebagai sampel uji coba instrument penelitian, jadi sampel dalam penelitian ini yaitu sebayak 205 – 30 = 175 siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Fasilitas belajar berpengrauh positif dan sgnifikan terhadap hasil belajar. Serta kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Serta kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pihak guru dan sekolah diharapkan dapat memperhatikan aspek – aspek dalam meningkatkan hasil belajar seperti kenyamanan siswa dan lingkungan yang menyenangkan. Orangtua diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan dalam pemenuhan kebutuhan sekolah anak seperti pembiayaan pendidikan yang lancar. Siswa diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan ketekunan dalam belajarnya agar hasil belajar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Linkungan Belajar, Fasilitas Belajar, Kemampuan Ekonomi Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:37
Last Modified: 26 Jan 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55623

Actions (login required)

View Item View Item