TINJAUAN PERCEIVED EASE OF USE PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SURAT DINAS (SIRADI) OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Elba Dwi Milofa, 7101418150 (2022) TINJAUAN PERCEIVED EASE OF USE PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SURAT DINAS (SIRADI) OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418150 - Elba Dwi Milofa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah memanfaatkan sistem informasi teknologi untuk diterapkan dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Penggunaan sistem ini diterapkan salah satunya pada kegiatan administrasi surat-menyurat. SIRADI (Sistem Informasi Surat Dinas) merupakan sebuah aplikasi surat-menyurat berbasis website yang digunakan di Universitas Negeri Semarang. Dalam implementasinya, aplikasi SIRADI dapat diakses oleh penggunanya melalui perangkat yang sudah memiliki dan tersambung dengan jaringan internet. Hal ini sangat berkaitan dengan kemudahan pengguna untuk dapat menggunakan aplikasi SIRADI. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemudahan penggunaan pada Sistem Informasi Surat Dinas (SIRADI) ditinjau dari Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use). Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi SIRADI berjumlah 17 informan yang merupakan mahasiswa dari 8 Fakultas yang ada di Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SIRADI telah menerapkan empat indikator pada persepsi kemudahan penggunaan. Pada indikator mudah dipelajari (easy to learn) pengguna merasakan kemudahan dalam mempelajari SIRADI. Selanjutnya pada indikator dapat dikontrol (controllable) pengguna menyatakan bisa melakukan pengendalian namun belum sepenuhnya dirasakan. Kemudian pada indikator jelas dan mudah dipahami (clear and understandable) pengguna mengungkapkan bahwa aplikasi SIRADI memiliki tampilan yang jelas dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Sedangkan pada indikator mudah digunakan (easy to use) keseluruhan pengguna menyatakan mudah untuk dapat mengakses aplikasi SIRADI. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan aplikasi SIRADI memberikan kemudahan dalam kegiatan mahasiswa yang menggunakan aplikasi tersebut namun masih perlu dilakukan perbaikan dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas sistem. Saran yang dapat diberikan peneliti pada penelitian ini yaitu memaksimalkan fungsi sistem dengan melakukan pembaharuan, memberikan pemahaman kepada pengguna tentang aplikasi SIRADI, serta memberikan petunjuk penggunaan di aplikasi SIRADI bagi penggunanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Perceived Ease of Use, SIRADI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:33
Last Modified: 26 Jan 2023 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55622

Actions (login required)

View Item View Item