PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SELF EFFICACY, DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Triana Febrianti, 7101418269 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SELF EFFICACY, DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418269 - Triana Febrianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan menjadi guru ekonomi adalah kesediaan dan kemampuan seseorang yang cukup baik secara fisik, mental dan pengetahuan dalam melaksanakan tugas utama guru yang meliputi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi serta memenuhi persyaratan menjadi guru dan menguasai kompetensi guru. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa rendahnya kesiapan menjadi guru dan mahasiswa lulusan sarjana pendidikan banyak yang tidak bekerja menjadi guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesiapan menjadi guru pada mahasiswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial variabel lingkungan keluarga, self efficacy, dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FE Unnes angkatan 2018 sejumlah 342 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 185 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru ekonomi. Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru ekonomi. Minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru ekonomi. Serta lingkungan keluarga, self efficacy, dan minat menjadi guru bersama-sama berpengaruh positif daan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya mahasiswa meningkatkan kemampuan diri dalam mengerjakan tugas, minat menjadi guru, dan percaya diri dalam mencapai tujuan sehingga kesiapan menjadi guru bisa lebih optimal. Mahasiswa juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan keluarga tentang kebaikan atau keuntungan profesi agar mahasiswa bisa mendapatkan dukungan dari keluarga untuk menjadi guru dan menjadikan mahasiswa untuk lebih siap menjadi guru. Orangtua diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan dalam pemenuhan kebutuhan mahasiswa seperti pembiayaan UKT yang tepat waktu dan pemberian fasilitas untuk menunjang mahasiswa calon guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Minat Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:33
Last Modified: 26 Jan 2023 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55621

Actions (login required)

View Item View Item