PENGARUH SELF EFFICACY, SELF REGULATED LEARNING, TEACHER SUPPORT, DAN SCHOOL WELL-BEING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 1 DEMAK


Nina Farikhah, 7101418268 (2022) PENGARUH SELF EFFICACY, SELF REGULATED LEARNING, TEACHER SUPPORT, DAN SCHOOL WELL-BEING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418268 - Nina Farikhah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Student engagement atau keterlibatan siswa merupakan segala upaya yang dilakukan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah baik secara akademik maupun non akademik demi meraih tujuan studi yang positif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh self efficacy, self regulated learning, teacher support, dan school well-being terhadap student engagement pada siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Demak baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Demak tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 324 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling dengan 180 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan self efficacy, self regulated learning, teacher support, dan school well-being berpengaruh terhadap student engagement sebesar 72,4%. Secara parsial self efficacy berpengaruh positif terhadap student engagement sebesar (29,81%), self regulated learning berpengaruh positif terhadap student engagement sebesar (9,06%), teacher support berpengaruh positif terhadap student engagement sebesar (4,28%), school well-being berpengaruh positif terhadap student engagement sebesar (4,84%). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh self efficacy, self regulated learning, teacher support, dan school well-being terhadap student engagement pada siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Demak secara simultan. Kemudian secara parsial terdapat pengaruh self efficacy terhadap student engagement, self regulated learning terhadap student engagement, teacher support terhadap student engagement, dan school well-being terhadap student engagement pada siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Demak. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya siswa dapat mempertahankan student engagement dengan cara selalu antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, belajar dalam kelompok, maupun belajar mandiri di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Self Regulated Learning, Teacher Support, dan School Well-Being.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:29
Last Modified: 26 Jan 2023 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55619

Actions (login required)

View Item View Item