PENGARUH POTONGAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE SHOPEE PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 TEGAL


Iqbal Prastya Nugraha, 7101418265 (2022) PENGARUH POTONGAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE SHOPEE PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418265 - Iqbal Prastya Nugraha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi komunikasi terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat signifikan. Dari perkembangan tersebut mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya terutama pada kalangan remaja. Dengan perkembangan teknologi yang pesat muncul smartphone. serta adanya dukungan dari kecepatan internet yang memunculkan inovasi baru dalam perekonomian yaitu munculnya e�commerce. Keberadaan e-commerce tersebut menimbulkan suatu masalah bagi perilaku konsumen kalangan remaja semakin tidak terkendali, remaja merupakan masa dalam kehidupan individu dimana ingin menentukan identitas dirinya. Tingkah laku yang ditunjukkan remaja juga mudah berganti antara tindakan�tindakan impulsif dan kurang pertimbangan, sehingga menyebabkan peningkatan pembelian tidak terenca. Faktor yang diduga berpengaruh kuat terhadap impulse buying siswa diantaranya potongan harga, kualitas produk, dan literasi ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap impulse buying. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 2 Kota Tegal yang mendapatkan Mata pelajaran Ekonomi sebanyak 140. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 103 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online serta offline. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif persentase dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan potongan harga, kualitas produk dan literasi ekonomi terhadap impulse buying. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan potongan harga terhadap impulse buying (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap impulse buying (4) terdapat pengaruh negatif dan signifikan literasi ekonomi terhadap impulse buying. Kesimpulan penelitian ini adalah dari empat hipotesis yang diajukan, semua hipotesis diterima. Saran dari peneliti adalah siswa harus bisa menerapkan teori literasi ekonomi di kehidupan sehari-hari dan lebih bijak lagi dalam berkonsumsi serta memulai dan membuat skala prioritas kebutuhan untuk membedakan kebutuhan primer dan sekunder, sehingga bisa mengurangi tingkat impulse buying.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Kualitas Produk, Literasi Ekonomi, Impulse Buying
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:25
Last Modified: 26 Jan 2023 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55618

Actions (login required)

View Item View Item