PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nurul Warih Krisna, 7101418145 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418145 - Nurul Warih Krisna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan harus tetap berjalan di saat pandemi Covid-19 dengan keterbatasan pembelajaran jarak jauh. Perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengatasi pembelajaran daring dengan meningkatkan kemandirian belajar.Adanya keterbatasan dari perkuliahan daring membuat kurangnya kemandirian belajar dari mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan media pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar belajar mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif program studi pendidikan administrasi perkantoran tahun 2019 Univeristas Negeri Semarang yaitu sejumlah 114 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda, serta untuk pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan media pembelajaran daring secara simultan berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 16,700 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan kontribusi yang diberikan secara simultan sebesar 34,2%. Motivasi belajar secara parsial berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0,442 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 18,49%. Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,167 dan nilai sig. 0,015 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 5,29%. Media pembelajaran daring secara parsial berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,169 dan nilai sig. 0,043 < 0,05 dengan konstribusi sebesar 3,64%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan media pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa baik secara silumtan dan parsial. Saran dalam penelitian ini mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya dengan meningkatkan hasrat serta meningkatkan keinginan untuk berhasil, selain itu saran bagi orang tua untuk memperhatikan lingkungan keluarga dengan memberikan pengertian kepada anak, bagi instansi terkait disarankan bisa memberikan media pembelajaran daring yang lebih efektif dan efisien selama perkuliahan daring terutama agar media pembelajaran membuat penyajian menjadi lebih jelas, dan disarankan adanya pengembangan untuk penelitian selanjutnya dengan topik yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Media Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:26
Last Modified: 26 Jan 2023 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55617

Actions (login required)

View Item View Item