PENGARUH KREATIVITAS, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan Tahun 2018)


Khoirunnisa, 7101418143 (2022) PENGARUH KREATIVITAS, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan Tahun 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418143 - Khoirunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sulitnya bagi angkatan kerja untuk memasuki perekonomian formal menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia. Kewirausahaan menjadi alternatif solusi yang menawarkan jalan menuju perekonomian formal. Niat berwirausaha adalah keinginan seseorang untuk memilih karir sebagai seorang pengusaha dengan diikuti oleh perilaku dan pola pikir wirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kreativitas, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 350 Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2018 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh. Setelah penyebaran kuesioner selama dua minggu diperoleh sampel dari tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 220 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, dan uji residual. Hasil deskriptif penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kreativitas terhadap niat berwirausaha. Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha. Terdapat pengaruh antara pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Terdapat pengaruh antara kreativitas, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Motivasi dapat memperkuat pengaruh kreativitas terhadap niat berwirausaha. Motivasi dapat memperkuat pengaruh lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha. Motivasi dapat memperkuat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kreativitas, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha secara simultan dan parsial. Motivasi dapat memperkuat pengaruh kreativitas, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha secara parsial. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah mahasiswa perlu menjaga dan mengembangkan kepercayaan dirinya terkait potensi kreativitas yang dimiliki, mahasiswa perlu menjaga komunikasi dalam keluarga dan aktif diskusi dengan anggota keluarga yang berwirausaha, dan mahasiswa perlu meningkatkan pengetahuan terkait kewirausahaan dengan mengikuti program universitas dengan maksimal. Pihak kampus, dosen, dan tenaga kependidikan diharapkan ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan, mendukung kegiatan mahasiswa, memberikan webinar kewirausahaan dan memfasilitasi sarana wirausaha mahasiswa berupa laboratorium kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Niat Berwirausaha, Motivasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:21
Last Modified: 26 Jan 2023 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55614

Actions (login required)

View Item View Item