PENGARUH PELAYANAN PRIMA, FASILITAS, DAN KOMPETENSI KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AHHAS HANDAYANI 2 MOTOR KOTA SEMARANG


Arsyi Mumpuni, 7101418251 (2022) PENGARUH PELAYANAN PRIMA, FASILITAS, DAN KOMPETENSI KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AHHAS HANDAYANI 2 MOTOR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418251 - Arsyi Mumpuni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pemilik, kepuasan pegawai dan kepuasan pelanggan merupakan keberhasilan pemasaran untuk perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terdapat penurunan jumlah konsumen yang melakukan servis di AHHAS Handayani Motor 2 selama enam bulan terakhir dari bulan agustus 2021 sampai dengan januari 2022. Hal ini dapat dilihat dari tabel data jumlah konsumen AHHAS Handayani Motor 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pelayanan prima, fasilitas dan kompetensi kerja terhadap kepuasan pelanggan di AHHAS Handayani Motor 2 Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang sudah melakukan servis di AHHAS Handayani Motor 2 Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 116 responden yang dihitung menggunakan rumus iterasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probably Sampling dengan Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut KP = 9,812 + 0,229 PP + 0,184 F + 0,104 KK + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel pelayanan prima, fasilitas dan kompetensi kerja terhadap kepuasan pelanggan sebesar 23%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kepuasan pelanggan yaitu variabel fasilitas dengan pengaruh sebesar 4,79%. Variabel pelayanan prima sebesar 3,84% dan variabel kompetensi kerja sebesar 4,53%. Simpulan dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan di AHHAS Handayani Motor 2 dapat terwujud dengan meningkatkan pelayanan prima, fasilitas dan kompetensi kerja. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) AHHAS Handyani perlu inovasi dalam pelayanan agar dapat menarik pelanggan. (2) AHHAS Handayani perlu mempertahankan kualitas fasilitas yang ada agar pelanggan merasa nyaman ketika menunggu. (3) AHHAS Handayani perlu melakukan pelatihan untuk karyawan agar meningkatkan keterampilan atau keahlian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Fasilitas, Kompetensi Kerja, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:18
Last Modified: 26 Jan 2023 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55613

Actions (login required)

View Item View Item