PENGARUH PEER GROUP DAN PENGGUNAAN E-WALLET TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada penggemar K-Pop di Wilayah DKI Jakarta)


Aisah Dwi Cahyani, 7101418250 (2022) PENGARUH PEER GROUP DAN PENGGUNAAN E-WALLET TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada penggemar K-Pop di Wilayah DKI Jakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418250 - AISAH DWI CAHYANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, salah satunya pada gaya bertransaksi. Hadirnya e-wallet mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi, akan tetapi kemudahan ini justru membuat remaja yang berada pada usia menuju dewasa berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor seperti peer group dan penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif pada penggemar K-Pop di wilayah DKI Jakarta yang dimediasi oleh gaya hidup. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu penggemar K-Pop di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus lemeshow dengan metode yang digunakan yaitu simple random sampling, sampel yang didapat sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data primer yaitu kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis path. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa peer group, gaya hidup, serta perilaku konsumtif berada pada kategori yang cukup tinggi, dengan penggunaan e�wallet berada pada kategori yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer group dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan positif terhadap perilaku konsumtif, sedangkan penggunaan e-wallet tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Wilayah DKI Jakarta. Gaya hidup hanya mampu memediasi pengaruh peer group terhadap perilaku konsumtif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada variabel peer group dan gaya hidup secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Variabel gaya hidup mampu memediasi pengaruh peer group terhadap perilaku konsumtif. Saran dalam penelitian ini diharapkan remaja penggemar K-Pop di wilayah DKI Jakarta dapat menentukan skala prioritas dalam melakukan pembelian dan dalam berinteraksi dengan teman dapat melakukan seleksi dalam menerima informasi yang diberikan, serta perlunya kontrol diri dalam menghabiskan waktu dan uang mereka. Peneliti selanjutnya disarankan dapat mengembangkan skala penelitian baik dalam segi populasi maupun menambah variabel. Penambahan variabel dapat dilakukan dengan menggunakan indikator tertinggi seperti dorongan teman sebaya sebagai variabel intervening maupun moderating.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peer Group, Penggunaan E-Wallet, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:12
Last Modified: 26 Jan 2023 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55610

Actions (login required)

View Item View Item