PENGARUH FASILITAS BELAJAR, INTERAKSI MAHASISWA, MEDIA PEMBELAJARAN DARING, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI


Nabilah Zulfa Luthfiyah, 7101418139 (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, INTERAKSI MAHASISWA, MEDIA PEMBELAJARAN DARING, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418139 - Nabilah Zulfa Luthfiyah.pdf] PDF - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pembelajaran jarak jauh mahasiswa adalah kegiatan membandingkan dan menilai antara harapan dan kenyataan terhadap pelayanan proses belajar mengajar yang diterima mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan data hasil observasi awal mengenai kepuasan pembelajaran jarak jauh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih ditemukan permasalahan, sehingga perlu perbaikan dan peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas belajar, interaksi mahasiswa, media pembelajaran daring, dan motivasi belajar terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 699 mahasiswa. Berdasarkan populasi tersebut diambil 254 mahasiswa yang dijadikan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik proportional random sampling. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan metode angket serta studi pendahuluan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskiptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25 sehingga model dinyatakan layak. Hasil uji hipotesis menunjukkan keempat variabel yaitu fasilitas belajar, interaksi mahasiswa, media pembelajaran daring, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 dan 2019. Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan (uji F) yang menunjukkan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas belajar, interaksi mahasiswa, media pembelajaran daring, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 dan 2019. Saran dari penelitian ini agar pihak jurusan Pendidikan Ekonomi harus memperhatikan betul kepuasan pembelajaran jarak jauh. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain fasilitas belajar, interaksi mahasiswa, media pembelajaran daring, dan motivasi belajar. Selain itu mahasiswa juga harus bisa intropeksi diri dan semangat supaya nantinya puas terhadap pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Interaksi Mahasiswa, Media Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:10
Last Modified: 26 Jan 2023 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55609

Actions (login required)

View Item View Item