MAṢDAR ṢINĀʿIY DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYAIKH JA’FAR AL BARZANJI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)


Kholifaturrohmah, 2303418054 (2022) MAṢDAR ṢINĀʿIY DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYAIKH JA’FAR AL BARZANJI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2303418054 - Kholifattur Rohmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Morfologi dan sintaksis merupakan dua subsistem yang berkaitan dan dikenal dengan sebutan morfosintaksis. Dalam penelitian ini peneliti membahas salah satu objek kajian dalam ilmu ṣarf yaitu maṣdar ṣināiy dalam kitab Al Barzanji karya Syaikh Ja’far Al Barzanji secara morfologi dan sintaksis. Maṣdar ṣināiy adalah ism yang akhirnya terdapat ya’ musyaddadah dan ta’ marbuthoh yang terbentuk dari ism yang lain. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apa saja maṣdar ṣināiy yang terdapat pada kitab Al Barzanji? (2) Bagaimana asal jenis ism maṣdar ṣināiy pada kitab Al Barzanji? (3) Bagaimana fungsi sintaksis maṣdar ṣināiy pada kitab Al Bazanji? (4) Bagaimana kasus dan penanda gramatikal maṣdar ṣināiy pada kitab Al Bazanji? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data dalam penelitian berupa maṣdar ṣināiy dalam kitab Al Barzanji. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 33 data maṣdar ṣināiy dalam kitab Al Barzanji. Berdasarkan asal jenisnya peneliti menemukan terdapat 7 data berasal dari ism fā’il, 2 data berasal dari ism maf’ūl, 3 data berasal dari ism alam, 19 data berasal dari ism jāmid, dan 2 data berasal dari ism maṣdar. Berdasarkan fungsi sintaksisnya, peneliti menemukan 2 data memiliki fungsi sintaksis sebagai fā’il, 4 data memiliki fungsi sintaksis sebagai khobar, 5 data memiliki fungsi sintaksis sebagai majrur, 11 data memiliki fungsi sintaksis muḍaf ilaih, 8 data memiliki fungsi sintaksis sebagai tābi’, 1 data memiliki fungsi sintaksis sebagai mustatsna, 1 data memiliki fungsi sintaksis sebagai maḍruf, 1 data memiliki fungsi sintaksis sebagai ismnya inna. Berdasarkan kasus dan penanda gramatikalnya, peneliti menemukan 5 data berkasus nominatif dengan penanda gramatikal dhummah (vokal u), 2 data berkasus akusatif dengan penanda gramatikal fathah (vokal a), dan 26 data berkasus genetif dengan penanda gramatikal kasroh (vokal i).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Morfologi, Sintaksis, Maṣdar Ṣināiy, Al Barzanji.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:05
Last Modified: 26 Jan 2023 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55605

Actions (login required)

View Item View Item