PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS DENGAN KEPUASAN SISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang)


Angger Aji Dwi Valentina, 7101418134 (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS DENGAN KEPUASAN SISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418134 - Angger Aji Dwi Valentina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku ataupun peningkatan pemahaman pengetahuan dan pengalaman sebagai dampak adanya proses pembelajaran. Dampak adanya proses pembelajaran tersebut dapat diukur baik melalui tes perilaku, tes kemampuan kognitif, maupun tes psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh fasilitas belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menggunakan media Microsoft Teams dengan kepuasan siswa sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi penelitian sebanyak 106 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling berupa sampel jenuh. Jadi dalam penelitian ini penulis tidak menentukan sampel, karena seluruh anggota populasi akan diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS v25. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar, fasilitas belajar, media pembelajaran, dan kepuasan siswa tegolong kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa fasilitas belajar, media pembelajaran berpengaruh terhadap kepuasan siswa. fasilitas belajar, media pembelajaran, dan kepuasan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar. Fasilitas belajar dan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar melalui kepuasan siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar, media pembelajaran, dan kepuasan siswa terhadap hasil belajar. Kemudian fasilitas belajar dan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar melalui kepuasan siswa. Saran penelitian ini agar sekolah lebih memperhatikan fasilitas belajar yang ada serta mempertimbangkan media pembelajaran yang digunakan agar dapat mengoptimalkan kepuasan siswa sehingga tercapai hasil belajar yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, media pembelajaran, kepuasan belajar, hasil belajar, dan Microsoft Teams
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:02
Last Modified: 26 Jan 2023 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55604

Actions (login required)

View Item View Item