PENGARUH PERENCANAAN KARIER, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN S2 MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2018


Milfa Norseptiani, 7101418249 (2022) PENGARUH PERENCANAAN KARIER, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN S2 MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418249 - Milfa Norseptiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan ketertarikan seseorang terhadap suatu hal tanpa ada yang menyuruh, dalam minat melanjutkan S2 adalah keinginan dan ketertarikan individu dengan hasil giat pada dirinya sendiri dan lingkungan yang ada disekitarnya terhadap salah satu pendidikan jenjang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perencanaan karier, lingkungan keluarga, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan S2 melalui efikasi diri sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Angkatan 2018 sejumlah 350. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu teknik proportional random sampling diperoleh 187 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi, dalam pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smart Partial Least Squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan karier tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan S2, sedangkan lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan S2. Selain itu, perencanaan karier, lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Hasil jalur menunjukkan lingkungan keluarga tidak memiliki pengaruh terhadap minat melanjutkan S2 melalui efikasi diri, sedangkan perencanaan karier, dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap minat melanjutkan S2 melalui efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat mahasiswa melanjutkan S2 dalam kategori baik dengan variabel paling berpengaruh adalah Lingkungan Teman Sebaya. Sehingga saran yang diberikan oleh peneliti adalah mahasiswa dapat lebih selektif dalam memilih teman sebaya agar menjadi pribadi yang lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar, selain itu perlunya perhatian dari keluarga agar mahasiswa selalu memiliki keyakinan diri yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karier, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:58
Last Modified: 26 Jan 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55603

Actions (login required)

View Item View Item