DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)


Devi Aryanti, 7101418132 (2022) DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418132 - Devi Aryanti vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku pengelolaan keuangan berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam merencanakan, mengelola, dan mengendalikan keuangan sehari-hari yang dimiliki. Pengelolaan keuangan pribadi menjadi salah satu konsep pengelolaan keuangan di tingkat individu yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan keuangan, sehingga pengetahuan dan keterampilan mengenai keuangan merupakan faktor kunci agar tidak mengalami masalah-masalah keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan pengembangan model struktural literasi keuangan, lingkungan sosial, dan financial self-efficacy terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sejumlah 979 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 284 orang mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan model penelitian menunjukkan hasil yang baik dan seluruh hubungan antar variabel yang dibangun secara teoritik sesuai dengan hasil empiris atau kondisi lapangan, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi, lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi, dan financial self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi. Selain itu, literasi keuangan, lingkungan sosial, dan financial self-efficacy berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi. Saran dalam penelitian ini adalah guna meningkatkan perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa hendaknya secara mandiri melakukan aktivitas membaca buku/artikel terkait keuangan dan bijak dalam memilih pergaulan di lingkungan sosial, serta memiliki rasa percaya diri dan optimisme dalam mengelola keuangan pribadinya. Selain itu, perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan dan para dosen harus berperan aktif untuk memberikan edukasi terkait keuangan melalui seminar/workshop dan penekanan materi pada mata kuliah keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi, Literasi Keuangan, Lingkungan Sosial, Financial Self-Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:57
Last Modified: 26 Jan 2023 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55602

Actions (login required)

View Item View Item